Selasa, 04 Oktober 2016

Stratifikasi Sosial dan contoh lembaga sosial



STRATIFIKASI SOSIAL
Menurut Max Weber stratifikasi sosial merupakan suatu metode sosial sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasan, privelese dan prestise.
 Lembaga Sosia
Lembaga sosial atau dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.

Pengertian lembaga sosial dalam bahasa Inggris adalah social institution, namun social institution juga diterjemahkan sebagai pranata sosial. Hal ini dikarenakan social institution merujuk pada perlakuan mengatur perilaku para anggota masyarakat. Ada pendapat lain mengemukakan bahwa pranata sosial merupakan sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat. Sedangkan menurut Koentjaraningrat Lembaga sosial merupakan satuan norma khusus yang menata serangkaian tindakan yang berpola untuk keperluan khusus manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
Fungsi lembaga sosial :

Menurut Soerjono Soekanto, lembaga sosial memiliki fungsi berikut :

1.     Memberikan pedoman pada anggota-anggota masyarakat, bagaimana mereka harus bersikap atau bertingkah laku dalam menghadapi masalah-masalah yang muncul atau berkembang di lingkungan masyarakat, termasuk yang menyangkut hubungan pemenuhan kebutuhan.

2.      Menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan

3.     Memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial, yaitu sistem pengawasan masyarakat terhadap anggota-anggotanya.

 CONTOH LEMBAGA PUSKESMAS SUMBERGEMPOL
(Penelitian Kuliah Lapangan)
Letak  puskesmas sumbergempol yaitu di sebelah baratnya pom bensin daerah sumbergempol dan berada di timurnya stasiun sumbergempol, tempatnya sangat strategisdan mudah untuk di cari. Pembangunan puskesmas tersebut juga termasuk bagian dari wilayah kecamatan. Dan puskesmas sebagai unit organisasi fungsional dibidang kesehatan dasar yang berfungsi sebagai pusat pembangunan kesehatan, membina peran serta masyarakat dan pelayanan kesehatan dasar secara menyeluruh dan terpadu. Untuk mewujudkan pelaksanaan fungsi dan program kegiatan puskesmas  maka telah dilengkapi dengan sistem menejemen. Puskemas ini setiap harinya selalu ramai pasien, meski puskesmas ini belum buka, akan tetapi banyak pasien sudah mengantri untuk berobat di Puskesmas ini.
Terkait pelayanan di Puskemas ini tidak pernah mengalami kendala yang cukup signifikan. Mereka yang dirawat di sini rata-rata merespon positif atas pelayanan stake holder di Puskemas ini.
Puskesmas ini juga memiliki banyak poster-poster tentang kesehatan, untuk menunjukkan kepada para pasien apakah suatu penyakit tersebut dan bahaya suatu penyakit serta cara penanggulangannya dari penyakit tersebut.
Puskesmas ini mempunyai visi dan misi yang tertempel jelas di pintu masuk puskesmas. Yaitu. Visinya adalah "Terwujudnya pelayanan kesehatan prima menuju masyarakat sehat" dan Misinya adalah : meningkatkan pelayanan kesehatan dasar yang bermutu, merata dan terjangkau, meningkatkan sumberdaya Di Puskesmas Sumbergempol, terwujudnya kemandirian masyrakat untuk hidup sehat.
Puskesmas sebagai penyedia pelayanan kesehatan yang mempunyai fugsi yaitu :
a.       pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan yaitu puskesmas selalu berupaya menggerakkan dan memantau penyelenggara pembangunan lintas sektor oleh masyarakat, dan harus aktif memantau dan melaporkan dampak kesehatan dari penyelenggara setiap pembangunan di wilayah kerjanya.
b.      Pusat pemberdayaan masyarakat yaitu puskemes selalu berupaya agar perorangan terutama pemukamasyarakat, masyarakat memiliki kesadaran, kemampuan dan kemaunan melayani diri sendiri dan melakukan hidup sehat.
c.       Pusat strata pelayanan kesehatan strata pertama yaitu puskesmas bertanggung jawab menyelenggarakan pelayanan kesehatan tingkat pertama secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.
Puskesmas sumbergompol selain untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat juga dijadikan studi penelitian bagi mahasiswa mahasiswi kesehatan dan diharapkan dapat memberikan data  yang akurat, untuk penelitian penyakit apa yang sering banyak muncul dimasyarakat. Di puskemas sumbergempol pelayanan pada masyarakat sangat ramah sekali apalagi pada orang yang sudah tua ataupun masih anak-anak, mereka sangat tlaten dan sabar mendengarka keluh kesah masyarakat.
Jenis pelayanan di puskesmas sumbergempol yang menjadi kewenangan puskesmas meliputi Administrasi dan pelayanan kesehatan yang meliputi : Farmasi, Poli gigi, KIA, Laboratorium, BK, IGD
a)      Farmasi, di puskesmas untuk menjamin akuntabilitas pelayanan, puskesmas wajib melaksanakan sistem pencatatan dan laporan terpadu puskesmas, (SP2TP). Melalui tersebut puskesmas diwajibkan mengumpulkan data transaksi pelayanan baik pelayanan baik pelayanan UKP maupun UKM secara rutin. Farmasi merupakan salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia yang mempunyai tanggung jawab memastikan efektifitas dan keamanan penggunan obat.
b)      Poli Gigi melaksanakanpelayanan medis tentang gigi
c)      KIA (program Kesehatan ibu dan Anak) adalah upaya dibidang kesehatan yang menyangkut pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui bayi dan anak balita serta anak prasekolah.
d)     Laboratorium  adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun penelitian ilmiah yang dilakukan. Dan dibedakan menurut disiplin ilmunya misalnya laboraorium fisika, laboratorium kimia dll.
e)      BK
f)       IGD adalah instalasi gawat darurat yang buka 24 jam, merupakan salah satu unit terdepan dari bagian layanan  yang memberikan pelayanan pada pasien gawat daruratdan false emergensi bekerjasama dengan unit terkait lainya.
Hal ini menujukkan bahwa di Puskesmas ini melayani pasien sampai keluhan-keluhann pasien itu ditanggulangi sampai tuntas. Pelayanan kepada pasien tidak dibedakan dari pasien yang miskin dan kaya semuanya dilayani dengan sama dan baik.Puskesmas Sumbergempol ini tidak memiliki tempat parkir yang cukup luas untuk pegawai maupun pasien tapi di dalam puskesmas sangat bersih.
Customer service adalah pelayanan yang disediakan oleh suatu layanan kesehatan untuk melayani kebutuhan dan dengan produk yang ditawarkan oleh pelayeanan kesehatan yang bersangkutan. Dan pelayanan customer service pada masyarakat sangat ramah, murah senyum dan sabar memberikan kepuasan kepada pelanggan yang biasanya meliputi menjawab pertanyaan-pertanyaan atau memberikan informasi, dan menerima keluhan / masalah yang sedang dihadapi dan penanganan keluhan-keluhan yang berhubungan menjelaskan pada masyarakat yang bertanya-tanya.
Administrasi di puskesmas ini pelayanannya juga baik, dan juga ramah sebelum kita periksa di Puskesmas alur pasein masuk di puskesmas para pasien masuk pada administrasi dulu dengan membayar sebesar lima ribu saja sebagai pembuatan data pasien tetapi pasien harusmenyerahkan  foto copy ktp dulu lalu menunggu ditempat tunggu lalu masuk pada poli yang telah disiapkan. Setelah pemeriksaan pasien menuju tempat pengambilan abot/ apotek dengan memberikan resep yang diberikan dokter pada petugas apotek.
Walaupun di puskesmas yang datang kebanyakan orang-orang menengah dan orang miskin tetapi pelayanannya tetep saja baik pada masyarakat tersebut, karena itu kewajibannya untuk melayani dengan baik dan ramah, walaupun kehidupan mereka berbeda.Di puskesmas sumbergempol juga melayani BPJS kesehatan untuk masyarakat yang mempunyai kartu BPJS sesuai FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama). Dan disana kebanyakan  pasiennya mempunyai penyakit diare, muntaber, gatal-gatal dan panas.
Kemarin masyarakat yang saya wawancarai yaitu bu yeni yang ditemani suaminya pak  ari yang bekerja di sebuah salon yang beralamat di desa bukur dan keperluan beliau yaitu memeriksakan kehamilannya di puskesmas. Beliau dilayani dengan baik, murah senyum dan dengan penuh kesabaran dan bu yeni diperiksa oleh DR. Dwi Puspita sari. Untuk kepuasaan pelayanannya beliau merasa puas karena di puskesmas tidak terlalu lama menunggu.
Dan saya melihat kemarin ada anak SD yang datang ke puskesmas bersama gurunya dan ternyata anak tersebut akan mencabut giginya, dan anak tersebut membawa buku dari sekolahan dan tidak dikenai biaya atau gratis. jadi sampai sekarang anak sekolah yang periksa di puskesmas sumbergempol tidak membayar ataupun juga ada yang membayar uang administrasi sebesar Rp. 5000 tetapi itu hanya yang bersekolah di kecamatan sumbergempol saja. Tetapi waktu saya ke puskesmas dulu tidak membayar sama sekali dan pelayanannaya sangat ramah sekali.
Fasilitas di puskesmas sumbergempol cukup memadahi seperti adanya komputer dan alat-alat medis lainya dan juga ada kursi untuk mengantri giliran untuk di panggil. Tetapi di puskemas ini belum membunyai ambulance sendiri adanya mobil biasa saja.
Pendapat untuk meningkatkan pelayanan puskesmas kebersihan kamar mandi harus lebih baik dan harus lebih bersih lagi, sebaiknya di puskesmas ada fasilas ATM walaupun orang kalangan rendah rata-rata mempunyai ATM, dan sebaiknya mutu  jasa pelayanan kesehatan di berikan rasa empati dan respec walaupun stratifikasinya berbeda beda. Karena  kalau ada seorang petugas baru yang petugas lama harus memberitahu teknik aataupun  desa petugas lama harus menjelaskannya.
HASIL DISKUSI
Bahwasanya rata-rata semua pelayanan di instansi seperti rumah sakit, puskesmas, kantor kecamatan,  bank dan kantor pdam pelayananya cukup ramah, baik dan sopan jika melayaninya dan tidak ada diskriminasi antara yang kaya sedang ataupun yang miskin semua di anggap sama. Kalaupun semua mengantri ya harus mengantri dengan sabar dan tidak ada perlakuan yang istimewa.
Dan fasilitas di semua instansi cukup memadahi apalagi di rumah sakit cukup lengkap dari pada di puskesmas, di zaman sekarang sudah tidak ada yang di persulit kecuali pembuatan E KTP pada bulan ini dan bulan yang sebelumnya sangat mudah lalu oleh pemerintah di wajibkan segera membuatnya jika tidak segera membuatnya maka akan di kenakan denda, maka dari itu yang membuat ktp kemarin-kemari ada yang di persulit misalnya di suruh bolak balik ke kantor kecamatan dan disuruh bolak balik foto copy.
Pada intinya semua instansi yang kami teliti semua murah senyum dan sopan dalam pelayananya.
ISMI LATHIFATUL AFIKAH (1712143034)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar