STRATIFIKASI SOSIAL
Menurut Max Weber stratifikasi
sosial merupakan suatu metode sosial sebagai penggolongan orang-orang yang
termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis
menurut dimensi kekuasan, privelese dan prestise.
Lembaga Sosia
Lembaga sosial atau dikenal juga sebagai lembaga
kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan
prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan
bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.
Pengertian lembaga sosial dalam bahasa Inggris adalah social institution, namun social institution juga diterjemahkan
sebagai pranata sosial. Hal ini dikarenakan social
institution merujuk pada perlakuan mengatur perilaku para anggota
masyarakat. Ada pendapat lain mengemukakan bahwa pranata sosial merupakan
sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas-aktivitas untuk
memenuhi berbagai macam kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat. Sedangkan
menurut Koentjaraningrat Lembaga sosial merupakan satuan norma khusus yang
menata serangkaian tindakan yang berpola untuk keperluan khusus manusia dalam
kehidupan bermasyarakat.
Fungsi
lembaga sosial :
Menurut
Soerjono Soekanto, lembaga sosial memiliki fungsi berikut :
1. Memberikan
pedoman pada anggota-anggota masyarakat, bagaimana mereka harus bersikap atau
bertingkah laku dalam menghadapi masalah-masalah yang muncul atau berkembang di
lingkungan masyarakat, termasuk yang menyangkut hubungan pemenuhan kebutuhan.
2. Menjaga
keutuhan masyarakat yang bersangkutan
3. Memberikan
pengarahan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial, yaitu
sistem pengawasan masyarakat terhadap anggota-anggotanya.
CONTOH LEMBAGA PUSKESMAS SUMBERGEMPOL
(Penelitian Kuliah Lapangan)
Letak puskesmas sumbergempol yaitu di sebelah
baratnya pom bensin daerah sumbergempol dan berada di timurnya stasiun
sumbergempol, tempatnya sangat strategisdan mudah untuk di cari. Pembangunan
puskesmas tersebut juga termasuk bagian dari wilayah kecamatan. Dan puskesmas
sebagai unit organisasi fungsional dibidang kesehatan dasar yang berfungsi
sebagai pusat pembangunan kesehatan, membina peran serta masyarakat dan
pelayanan kesehatan dasar secara menyeluruh dan terpadu. Untuk mewujudkan
pelaksanaan fungsi dan program kegiatan puskesmas maka telah dilengkapi dengan sistem
menejemen. Puskemas ini setiap harinya selalu ramai pasien, meski puskesmas ini belum
buka, akan tetapi banyak pasien sudah mengantri untuk berobat di Puskesmas ini.
Terkait pelayanan di Puskemas ini tidak pernah mengalami kendala yang cukup signifikan. Mereka yang dirawat
di sini rata-rata merespon positif atas
pelayanan stake holder di Puskemas ini.
Puskesmas
ini juga memiliki banyak poster-poster tentang kesehatan, untuk menunjukkan
kepada para pasien apakah suatu penyakit tersebut dan bahaya suatu penyakit
serta cara penanggulangannya dari penyakit tersebut.
Puskesmas
ini mempunyai visi dan misi yang tertempel jelas di pintu masuk puskesmas.
Yaitu. Visinya adalah "Terwujudnya pelayanan kesehatan prima menuju
masyarakat sehat" dan Misinya adalah : meningkatkan pelayanan kesehatan
dasar yang bermutu, merata dan terjangkau, meningkatkan sumberdaya Di Puskesmas
Sumbergempol, terwujudnya kemandirian masyrakat untuk hidup sehat.
Puskesmas sebagai
penyedia pelayanan kesehatan yang mempunyai fugsi yaitu :
a.
pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan yaitu puskesmas selalu
berupaya menggerakkan dan memantau penyelenggara pembangunan lintas sektor oleh
masyarakat, dan harus aktif memantau dan melaporkan dampak kesehatan dari
penyelenggara setiap pembangunan di wilayah kerjanya.
b.
Pusat pemberdayaan masyarakat yaitu puskemes selalu berupaya agar
perorangan terutama pemukamasyarakat, masyarakat memiliki kesadaran, kemampuan
dan kemaunan melayani diri sendiri dan melakukan hidup sehat.
c.
Pusat strata pelayanan kesehatan strata pertama yaitu puskesmas bertanggung
jawab menyelenggarakan pelayanan kesehatan tingkat pertama secara menyeluruh, terpadu
dan berkesinambungan.
Puskesmas sumbergompol
selain untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat juga dijadikan studi
penelitian bagi mahasiswa mahasiswi kesehatan dan diharapkan dapat memberikan
data yang akurat, untuk penelitian
penyakit apa yang sering banyak muncul dimasyarakat. Di puskemas sumbergempol
pelayanan pada masyarakat sangat ramah sekali apalagi pada orang yang sudah tua
ataupun masih anak-anak, mereka sangat tlaten dan sabar mendengarka keluh kesah
masyarakat.
Jenis pelayanan di
puskesmas sumbergempol yang menjadi kewenangan puskesmas meliputi Administrasi
dan pelayanan kesehatan yang meliputi : Farmasi, Poli gigi, KIA, Laboratorium,
BK, IGD
a)
Farmasi, di puskesmas untuk menjamin akuntabilitas pelayanan, puskesmas
wajib melaksanakan sistem pencatatan dan laporan terpadu puskesmas, (SP2TP).
Melalui tersebut puskesmas diwajibkan mengumpulkan data transaksi pelayanan
baik pelayanan baik pelayanan UKP maupun UKM secara rutin. Farmasi merupakan
salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu
kesehatan dan ilmu kimia yang mempunyai tanggung jawab memastikan efektifitas
dan keamanan penggunan obat.
b)
Poli Gigi melaksanakanpelayanan medis tentang gigi
c)
KIA (program Kesehatan ibu dan Anak) adalah upaya dibidang kesehatan yang
menyangkut pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui
bayi dan anak balita serta anak prasekolah.
d)
Laboratorium adalah tempat riset
ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun penelitian ilmiah yang dilakukan. Dan
dibedakan menurut disiplin ilmunya misalnya laboraorium fisika, laboratorium
kimia dll.
e)
BK
f)
IGD adalah instalasi gawat darurat yang buka 24 jam, merupakan salah satu
unit terdepan dari bagian layanan yang
memberikan pelayanan pada pasien gawat daruratdan false emergensi bekerjasama
dengan unit terkait lainya.
Hal ini menujukkan bahwa di
Puskesmas ini melayani pasien sampai keluhan-keluhann pasien itu ditanggulangi
sampai tuntas. Pelayanan kepada pasien tidak dibedakan dari pasien yang miskin
dan kaya semuanya dilayani dengan sama dan baik.Puskesmas Sumbergempol ini
tidak memiliki tempat parkir yang cukup luas untuk pegawai maupun pasien tapi
di dalam puskesmas sangat bersih.
Customer service adalah
pelayanan yang disediakan oleh suatu layanan kesehatan untuk melayani kebutuhan
dan dengan produk yang ditawarkan oleh pelayeanan kesehatan yang bersangkutan.
Dan pelayanan customer service pada masyarakat sangat ramah, murah senyum dan
sabar memberikan kepuasan kepada pelanggan yang biasanya meliputi menjawab
pertanyaan-pertanyaan atau memberikan informasi, dan menerima keluhan / masalah yang sedang dihadapi dan penanganan
keluhan-keluhan yang berhubungan menjelaskan pada masyarakat yang
bertanya-tanya.
Administrasi di puskesmas ini pelayanannya juga baik, dan juga ramah
sebelum kita periksa di Puskesmas alur pasein masuk di puskesmas para pasien
masuk pada administrasi dulu dengan membayar sebesar lima ribu saja sebagai
pembuatan data pasien tetapi pasien harusmenyerahkan foto copy ktp dulu lalu menunggu ditempat
tunggu lalu masuk pada poli yang telah disiapkan. Setelah pemeriksaan pasien
menuju tempat pengambilan abot/ apotek dengan memberikan resep yang diberikan
dokter pada petugas apotek.
Walaupun di puskesmas
yang datang kebanyakan orang-orang menengah dan orang miskin tetapi
pelayanannya tetep saja baik pada masyarakat tersebut, karena itu kewajibannya
untuk melayani dengan baik dan ramah, walaupun kehidupan mereka berbeda.Di
puskesmas sumbergempol juga melayani BPJS kesehatan untuk masyarakat yang
mempunyai kartu BPJS sesuai FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama). Dan
disana kebanyakan pasiennya mempunyai
penyakit diare, muntaber, gatal-gatal dan panas.
Kemarin masyarakat yang
saya wawancarai yaitu bu yeni yang ditemani suaminya pak ari yang bekerja di sebuah salon yang
beralamat di desa bukur dan keperluan beliau yaitu memeriksakan kehamilannya di
puskesmas. Beliau dilayani dengan baik, murah senyum dan dengan penuh kesabaran
dan bu yeni diperiksa oleh DR. Dwi Puspita sari. Untuk kepuasaan pelayanannya
beliau merasa puas karena di puskesmas tidak terlalu lama menunggu.
Dan saya melihat
kemarin ada anak SD yang datang ke puskesmas bersama gurunya dan ternyata anak
tersebut akan mencabut giginya, dan anak tersebut membawa buku dari sekolahan
dan tidak dikenai biaya atau gratis. jadi sampai sekarang anak sekolah yang
periksa di puskesmas sumbergempol tidak membayar ataupun juga ada yang membayar
uang administrasi sebesar Rp. 5000 tetapi itu hanya yang bersekolah di
kecamatan sumbergempol saja. Tetapi waktu saya ke puskesmas dulu tidak membayar
sama sekali dan pelayanannaya sangat ramah sekali.
Fasilitas di puskesmas
sumbergempol cukup memadahi seperti adanya komputer dan alat-alat medis lainya
dan juga ada kursi untuk mengantri giliran untuk di panggil. Tetapi di puskemas
ini belum membunyai ambulance sendiri adanya mobil biasa saja.
Pendapat untuk
meningkatkan pelayanan puskesmas kebersihan kamar mandi harus lebih baik dan
harus lebih bersih lagi, sebaiknya di puskesmas ada fasilas ATM walaupun orang
kalangan rendah rata-rata mempunyai ATM, dan sebaiknya mutu jasa pelayanan kesehatan di berikan rasa
empati dan respec walaupun stratifikasinya berbeda beda. Karena kalau ada seorang petugas baru yang petugas
lama harus memberitahu teknik aataupun
desa petugas lama harus menjelaskannya.
HASIL DISKUSI
Bahwasanya rata-rata
semua pelayanan di instansi seperti rumah sakit, puskesmas, kantor
kecamatan, bank dan kantor pdam
pelayananya cukup ramah, baik dan sopan jika melayaninya dan tidak ada
diskriminasi antara yang kaya sedang ataupun yang miskin semua di anggap sama.
Kalaupun semua mengantri ya harus mengantri dengan sabar dan tidak ada
perlakuan yang istimewa.
Dan fasilitas di semua
instansi cukup memadahi apalagi di rumah sakit cukup lengkap dari pada di
puskesmas, di zaman sekarang sudah tidak ada yang di persulit kecuali pembuatan
E KTP pada bulan ini dan bulan yang sebelumnya sangat mudah lalu oleh
pemerintah di wajibkan segera membuatnya jika tidak segera membuatnya maka akan
di kenakan denda, maka dari itu yang membuat ktp kemarin-kemari ada yang di
persulit misalnya di suruh bolak balik ke kantor kecamatan dan disuruh bolak
balik foto copy.
Pada intinya semua
instansi yang kami teliti semua murah senyum dan sopan dalam pelayananya.
ISMI LATHIFATUL AFIKAH
(1712143034)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar